Hikmah Berpuasa

Posted: Agustus 6, 2009 in KBM, Religi

menahan hawa nafsuSebelum Bulan Ramadhan kita disunahkan berpusa dibulan penuh berkah ini yaitu bulan Sya’ban, Adapun hikmah dibalik puasa Sya’ban adalah sebagai berikut:

1. Bulan Sya’ban adalah bulan tempat manusia lalai. Karena mereka sudah terhanyut dengan istimewanya bulan Rajab (yang termasuk bulan Harom) dan juga menanti bulan sesudahnya yaitu bulan Ramadhan. Tatkalah manusia lalai, inilah keutamaan melakukan amalan puasa ketika itu.

2. Puasa di bulan Sya’ban adalah sebagai latihan atau pemanasan sebelum memasuki bulan Ramadhan. Jika seseorang sudah terbiasa berpuasa sebelum puasa Ramadhan, tentu dia akan lebih kuat dan lebih bersemangat untuk melakukan puasa wajib di bulan Ramadhan.

Semoga dengan tulisan ini bermanfaat bagi orang yang masih lupa akan pahala dibulan Sya’ban ini……..selamat berpuasa…

Komentar
  1. nakjaDimande mengatakan:

    ayo farus, semangat pemanasan..!!!
    InsyaAllah Ramadhan nanti kita jalani dengan lancar, amin

  2. cahjoker mengatakan:

    Wah fir’aun sekarang lebih regilius niiicch…,

  3. Septa mengatakan:

    Ketigaxxxx dulu

  4. Septa mengatakan:

    ayo pemanasan dulu ah biar gak kaget…. he he

  5. Septa mengatakan:

    kelimaxxxxx dan lemas…

    kaburrr

  6. kupatahu28 mengatakan:

    Bentar lagi puasa euy.. ^_^

  7. antokoe™ mengatakan:

    tahun ini puasa harus puoooooooooool……

  8. jalandakwahbersama mengatakan:

    Assalamu’alaikum,
    Tulisan yang bagus, terima kasih atas kunjungan dan komentarnya di blog saya, mari kita perbanyak saum sunnah karena Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang berpuasa sehari di jalan Allah maka di antara dia dan neraka ada parit yang luasnya seperti antara langit dengan bumi” (HR. Tirmidzi no. 1624)
    (Dewi Yana)

  9. mahardhika mengatakan:

    saum saum….. sambut ramadhan dengan senang hati…
    krn barang siapa yg menyukai datangnya bulan ramadhan maka Allah akan mengampuni dosa2nya…..
    trimkasi atas masukannya mas…
    latihann puasa….besok coba2 ahh hehe

  10. anla mengatakan:

    Enggak kerasa Ramadhan tinggal menghitung hari. . .
    Mari kita sambut ramadhan dg hati yang bersih. . .
    Salam kenal ya Akhi. . .🙂

  11. elmoudy mengatakan:

    puasa slalu menyisakan banyak cerita
    dinantikan puasanya… juga dinantikan buka-nya
    jadinya yg mana yg paling nikmat?
    puasa atau buka? :p

  12. catur mengatakan:

    puasa tgl itungan hari…ayo gw dah ga sabar nih…haha

  13. ichsan wahyudhi mengatakan:

    PUASA… pembatas nafsu

  14. diazhandsome mengatakan:

    hmm… bagus bagus… lumayan nambah referensi. hahaha😀

    thanks udah maen ke blog gw. maen lagi juga boleehh😀
    salam ganteng dari diazhandsome

    btw, kenapa nama blognya pake ‘ganteng’? ngikutin gw yaa?? (sok banget sih gw? haha)

  15. farus mengatakan:

    kalo pria itu ganteng, karna ga mungkin dia itu cantik…yakan…salam knal…mat bobo..

  16. dinda ong mengatakan:

    marhaban ya ramadhan,,,,,,

  17. mromi mengatakan:

    Astaghfirullohal ‘Adziem… belum sempet pemanasan
    syukron dah ngingetin
    Salam ukhuwah
    http://mromi.wordpress.com/

  18. hanacaraka mengatakan:

    asalamualaikum…bulan puasa bulan penghapusan dosa buat kita para muslim yg bersungguh2 berpuasa, met puasa smoga amalan kita dapat menggantikan kesalahan kita slama ini
    salam hangat kawan🙂

  19. diazhandsome mengatakan:

    hohoho… iya juga ya. gw kan ganteng banget (kata emak gw)

    hahaha…

  20. Gatotkaca mengatakan:

    semoga saya pol puasanya ya masss…aminn

  21. cahjoker mengatakan:

    wkwkwk fir’aun cereitanya berubah nihhh jadi
    cah ndeso….,

  22. kidungjingga mengatakan:

    wadduhh.. bulan sya’ban nya masih tersisa berapa hari lagi ya ini…

  23. Joddie mengatakan:

    Yup setuju !! semoga bulan sya’ban ini bisa menjadi inspirasi dan bekal tersendiri bagi bulan romadhon yang datang sebentar lagi..

  24. jalandakwahbersama mengatakan:

    Assalamu’alaikum,
    Selamat Menjalankan Ibdaha Puasa Ramadhan, saya mohon di maafkan kalau ada salah/khilaf.
    (Dewi Yana)

    • farus mengatakan:

      Waalaikum salam,
      kekota jakarta hari selasa
      pulang pergi naik kereta
      beberpa hari lagi qita maw menjalankan puasa
      mohon maaf kalo ada salah kata?
      marhaban ya romadhan…………….. salammm farus…..

  25. suklowor mengatakan:

    makasih dah mengingatkan mas farus, meski ku bacanya dikit telat… hehe….

  26. Septa mengatakan:

    Sebelum berpuasa baiknya kita saling memaafkan dulu kawan… maafkan daku yah…

    Salam

    • farus mengatakan:

      kekota jakarta hari selasa pulang pergi naik kereta beberpa hari lagi qita maw menjalankan puasa mohon maaf kalo ada salah kata? marhaban ya …dah aku maafinn

  27. kanglurik mengatakan:

    Smoga kita semua bisa masuk ke bulan ramadhan dan memanen semua pahala yang ALLOH SWT sediakan…
    Mari berbenah diri dan bersiap menyambut Bulan nan suci ini….

    Salam kenal….

  28. kupatahu28 mengatakan:

    Tidak ada salahnya menjelang bulan suci ramadhan ini bermaaf maafan, maka dari itu maafkan lah daku atas segala tindakan dan ucapan yang tidak mengenakan.
    Marhaban Yaa Ramadhan… ^_^

  29. Hary4n4 mengatakan:

    Selamat menjalankan Ibadah Ramadhan… Mohon maaf bila ada salah dan khilaf…
    Makasih yaa.. Udah main ke tempat saya…

    Salam hangat..
    Salam damai selalu…

  30. Eka Situmorang - Sir mengatakan:

    Selamat menjalankan ibadah puasa yah🙂

  31. ariosaja mengatakan:

    sip, met menjalankan Ibadah puasa

  32. noersam mengatakan:

    sahur…….selamat berpuasa

  33. Pasang Iklan Gratis mengatakan:

    iyaapppp….bener, puasa sya’ban melatih kita dalam puasa ramadhan, puasa sya’ban juga dapat menggugurkan dosa2 kita setahun yang lalu dan setahun sebelumnya ^_^ hikmahnya masih banyak lagi deh

    kenali dan kunjungi objek wisata di pandeglang

  34. cantigi™ mengatakan:

    met puasa, salam jg.. ^_^

  35. Pasang Iklan Gratis mengatakan:

    Wah di bulan sya’ban saya malah tidak puasa sekalipun, dan tidak latihan,
    tapi alhamdulillah puasa dibulan ramadhan ini saya masih bisa menjalankannya yang insya allah dengan baik. walaupun hari pertama mungkin agak kerasa kurang terbiasa.
    makasin infonya.
    kenali dan kunjungi objek wisata di pandeglang

  36. kawanlama95 mengatakan:

    dan sekarang romadhon telah tiba mari jalankan dengan maksimal , moga

  37. ari bowo mengatakan:

    lek farus……

  38. imam mengatakan:

    mungkin nasib kita kali y
    bisa comen di
    Hikmah berpuasa nih Y

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s