Perancangan Sistem Inventori pada STMIK Mercusuar

Posted: Oktober 10, 2013 in KBM

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Perkembangan zaman era globalisasi sekarang ini perancangan system inventori dengan menggunakan teknologi komputer yang sangat canggih dan modern akan memudahkan kita untuk melakukan perancangan system inventori yang akan menghemat waktu, ruang dan biaya. Dan hasil dari suatu perancangan system yang diperoleh akan sangat memuaskan, berguna dan bermanfaat dari suatu lembaga atau instansi yang menggunakannya. perancangan system inventori secara tepat cepat dan efisien adalah hal penting yang dibutuhkan bagi lembaga atau instansi.

Perancangan system inventori dengan menggunakan komputerisasi sekarang sudah banyak digunakan pada setiap lembaga atau instansi yang ada di Indonesia khususnya wilayah Jakarta, selain memberikan kemudahan juga memberikan keamanan dan kenyamanan, akan tetapi masih ada yang menggunakan secara manual dalam perancangan system Inventori pada lembaga seperti kampus sehingga sering terjadi kesalahan pada saat pendataan barang Inventori, pemakaian dan perbaikan kerusakan. Oleh karena itu dibutuhkan system komputerisasi dari yang sebelumnya manual sehingga menjadi efektif dan efisien.

Dalam perancangan sistem inventori ini dapat diimplementasikan menggunakan bahasa pemrograman seperti Microsoft Visual Basic.Net. Dalam system ini nanti akan memberi kemudahan dalam melakukan pendataan dan mendapatkan hasil pengolahannya sehingga dapat menunjang proses bisnis yang ada.
Dari uraian diatas penulis merasa tertarik untuk menulis Tugas akhir dengan mengangkat sebuah judul “Perancangan Sistem Inventori pada STMIK Mercusuar”.

1.1.1 Ruang Lingkup
Pada awal berdiri, Kampus STMIK Mercusuar tidak mengalami kendala yang berarti dalam menjalankan usaha dibidang pendidikan, ini dikarenakan jumlah mahasiswa dan mahasiswi yang diterima belum begitu banyak, sehingga proses pembukuan dan pendokumentasian data dilakukan dengan cara menuliskan pada faktur, form dan laporan harian, setelah itu data inventori dan data mahasiswa/wi disimpan pada file spreed sheet. Seiring berjalannya waktu, Kampus STMIK Mercusuar. mengalami perkembangan yang cukup pesat, jumlah mahasiswa dan banyaknya inventori yang masuk menyebabkan Kampus STMIK Mercusuar. mengalami kesulitan dalam melakukan pembukuan dan pendokumentasian data inventori.

1.1.2 Rumusan Masalah
Proses pencatatan data inventori yang masuk dilakukan dengan cara menuliskannya pada faktur dan form kemudian dicatat kembali dalam sebuah form laporan harian setelah itu data tersebut disimpan dalam sebuah file spreed sheet dengan penyimpanan file yang tidak sistematis. Proses tersebut memerlukan waktu yang tidak singkat selain itu pada data transaksi-transaksi tersebut sering terjadi kesalahan pencatatan, akibatnya informasi inventori barang menjadi tidak tepat dan akurat.

Pengelolaan dan pengontrolan informasi mengenai inventori barang masih dilakukan dengan cara mencari pada file spreed sheet yang berisi catatan data inventori yang terjadi. Perancangan sistem pengajuan, pembelian, pemeliharaan, inventori barang yang terdapat pada Kampus STMIK Mercusuar. Memungkinkan petugas menunda-nunda tugas yang diberikan. Akibatnya informasi iinventori barang tidak dapat disajikan pada saat dibutuhkan.


Melihat masalah diatas, yaitu sulitnya dalam mendata inventori yang telah dilakukan yang nantinya berpengaruh untuk memantau jumlah inventori barang yang ada, serta mengkontrol kontrak kerja yang telah disetujui. Penulis mendapatkan ide untuk memperbaiki sistem yang telah ada dengan terlebih dahulu menganalisis sistem yang ada, yang nantinya hasil analisis tersebut dapat dirancangan menjadi suatu sistem yang dapat mempermudah STMIK Mercusuar dalam mendata inventori yang telah dilakukan, memantau jumlah inventori barang yang nantinya akan berpengaruh pada pemeliharaan barang serta memantau kontrak kerja yang telah disetujuinya.

Dilihat dari masalah dan ide penyelesaian yang ada, penulis memberikan judul “Perancangan Sistem Inventori pada STMIK Mercusuar .” pada laporan tugas akhir ini.

Permasalahan yang akan diselesaikan adalah bagaimana cara merancang suatu data yang efisien dan efektif untuk mengolah dan dapat menangani data inventori pada kampus dengan menggunakan alat bantu komputer, agar pemberian laporan data ini dapat dilakukan dengan cepat, karena penyajian secara manual tidak dapat menjamin ketelitian dan kebenarannya.

1.1.3 Maksud dan Tujuan
Adapun penelitian pada inventori adalah:

a. Mencari jalan keluar untuk mengatasi kelemahan – kelemahan dari sistem yang sedang dipakai dengan merancang system informasi data inventori pada peralatan kampus.
b. Meningkatkan efektifias dan produktifitas kerja pegawai dalam pengolahan data inventori dengan memanfaatkan fasilitas komputer. Sehingga dihasilkan informasi akurat, cepat, tepat dan berkualitas.
c. Pembuatan laporan tugas akhir ini diharapkan dapat dijadikan acuan Maupun referensi yang dapat berguna untuk membantu umum guna Meneliti dan mengetahui secara jelas sistem perancangan data inventori pada STMIK Mercusuar.
d. Laporan tugas akhir ini merupakan salah satu syarat untuk menyelelesaikan Studi Strata 1 pada jurusan Teknik Informatika, STMIK Mercusuar.

1.1.4 Metode Penelitian
Untuk mewujudkan maksud penelitian ini, metodelogi penilitian yang digunakan penulis sebagai berikut:
1. Penelitian lapangan (field research)
Dalam hal ini penulis melakukan pengamatan langsung pada objek penelitian, data serta keterangan yang dikumpulkan dilakukan dengan cara:

a. Pengamatan (observation)
Dalam hal ini penulis melakukan pengamatan untuk mendapatkan data secara umum dengan melihat langsung di kampus tersebut sekaligus mengamati dan mencatat sistem yang sedang berjalan saat ini.
b. Wawancara (interview)
Dalam hal ini penulis melakukan wawancara langsung untuk melengkapi selama pengamatan dan peneliti melakukan Tanya jawab langsung kepada teknisinya yang berkaitan dengan sistem yang sedang diteliti.
c. Penelitian Perpustakaan Dan Penelitian Online (Library Research And Online Research)
Penelitian perpustakaan dan penelitian online dimaksudkan untuk mendapatkan landasan teori yang memadai dalam menyusun tugas akhir ini.

1.1.5 Sistematika Penulisan
Pada bagian ini penulis akan memberikan penjelasan secara ringkas dari bab-bab yang ada, sehingga bagi pembaca nantinya akan dapat memahami gambaran secara umum mengenai isi dari laporan tugas akhir ini. Sistematika penulisan disajikan dalam lima bab, antara lain :

BAB I PENDAHULUAN
Pada bab ini penulis menguraikan latar belakang, maksud dan tujuan, metode penelitian, dan sistematika penulisan yang merupakan gambaran dari keseluruhan bab.

BAB II LANDASAN TEORI
Pada bab ini akan menjelaskan mengenai pengertian-pengertian dari apa yang digunakan dalam membangun sistem yang ada.

BAB III ANALISA SISTEM BERJALAN
Bab ini membahas tentang penganalisaan sistem yang sedang berlangsung serta pembaharuan sistem yang nantinya akan dirancang.

BAB IV IMPLEMENTASI SISTEM
Pada bab ini penulis menjabarkan tentang langkah-langkah yang dilakukan dalam perancangan sistem yang penulis buat.

BAB V SIMPULAN DAN SARAN
Pada bab ini penulis mengemukakan beberapa kesimpulan dan saran-saran yang berkaitan dengan sistem yang telah dirancang oleh penulis pada STMIK MERCUSUAR.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s